5 Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, membuat segala aktivitas keseharian bisa dilakukan melalui internet. Misalnya saja seperti berbelanja, meeting, bahkan sekolah bisa dilakukan secara daring. Nah, berikut kelebihan dan kekurangan belajar online berdasarkan kutipan dari Simple News.

Kelebihan Belajar Online

5 Kelebihan dan Kekurangan Belajar Online

Dengan adanya belajar secara online, kamu tidak perlu memikirkan biaya transportasi lagi untuk mendatangi sekolah maupun kampus karena semua itu bisa dilakukan di rumah. Coba bayangkan bila setiap hari harus membayar uang gojek, berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Waktu dan Tempat yang Fleksibel.

Kamu bisa melakukan segala kegiatan dimana saja. misalnya seperti di kamar, ruang tengah, bahkan bisa dilakukan di tempat tongkrongan. Bahkan ketika belajar dibarengi dengan tiduran, nonton televisi, jadi segalanya serba fleksibel.

Bisa dilakukan Dimana Saja

Bagi kamu yang sekolahnya di Jawa dan tempat tinggalnya di Sumatera tidak perlu jauh-jauh harus kesana sebab bisa dilakukan dirumah. Bahkan bisa mengenyam pendidikan hingga luar negeri juga bisa dilakukan secara online.

Hanya Bermodalkan Smartphone atau Laptop

Kamu hanya perlu disupport perangkat laptop atau pun smartphone yang terkoneksi internet untuk bisa mengikuti kelas online. Melalui aplikasi belajar sudah bisa menyimak materi, mengerjakan tugas, menjawab soal ujian dan lainnya.

Materi Pelajaran Bisa Disimpan

Semua materi pelajaran dikirim secara online dan secara otomatis bisa disimpan. Berbeda saat belajar online, pembahasan diutarakan langsung dan tidak semua pelajar dapat menangkap apa yang dibahas. Sedangkan jika daring dapat dipelajari berulang-ulang.

Praktis dan Ekonomis

Belajar bisa dilakukan sambil menunggu jam tidur, atau bisa diselingi dengan menonton sinetron. Kamu tidak perlu lagi menyiapkan pakaian agar bisa menghadiri kelas. Bahkan tanpa mandi pun masih bisa mengikuti kelas. Dan pastinya tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi.

Kekurangan Belajar Online

Perbedaan Waktu

Bila tinggalnya di Lombok dan kuliahnya di Jakarta tentu ada perbedaan waktu satu jam. Sehingga harus bisa menyesuaikan jadwal sebaik mungkin. Jangan sampai kelasnya baru mulai, kamu sudah tidur duluan karena terlalu malam di tempatmu.

Harus Mempunyai Kuota Internet

Untuk melakukan aktivitas belajar, kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk mengikutinya. Sebab diwajibkan mengunduh materi berupa teks, video, maupun gambar dan itu membutuhkan kuota. Alhasil kamu harus mengeluarkan budget untuk itu.

Smartphone Jadi Super Sibuk

Dengan berlakunya belajar online, seluruh materi akan dikirimkan melalui aplikasi tertentu. Sehingga membuat notif ponsel jadi sering bermunculan. Dan kamu harus mengikuti semua pembahasan yang diberikan agar tidak ketinggalan.

Tidak Boleh Jauh Dari HP

Berkat seringnya menggunakan ponsel untuk mengikuti pelajaran membuat baterai HP jadi sering lowbat. Hal ini juga membuatmu menjadi ketergantungan dengan smartphone segala aktivitas dilakukan disana.

Penerimaan Materi Pelajaran Kurang Efektif

Dengan belajar secara online membuat materi yang disampaikan tidak seefektif saat menghadiri kelas offline. Sebab materi hanya diberikan dalam bentuk file, meski juga beberapa pengajar menyampaikan melalui video namun tetap saja sering terjadi miss komunikasi.

Susah Fokus

Ketika belajar online peserta didik tidak bisa menyimak materi dengan fokus. Perhatian mereka beralih kemana-mana. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena koneksi internet tidak stabil, keadaan di sekitar tidak tenang, atau bahkan sedang mengantuk.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan belajar online yang perlu kamu ketahui. Semoga melalui penjelasan diatas dapat memberi banyak manfaat.