3 Hal Penting yang Harus Diketahui dalam Berwudhu

Bagi umat muslim, sebelum melakukan ibadah haruslah melakukan kegiatan penyucian diri. Salah satunya dengan berwudhu. Hal ini harus dilakukan dengan benar agar memenuhi syarat sahnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentu dengan mempelajari fiqih bab thaharah.

Hal-hal yang Harus Diketahui Dalam Berwudhu sesuai Ilmu Fiqih

3 Hal Penting yang Harus Diketahui dalam Berwudhu

Dalam berwudhu pastikan sudah mengetahui ilmunya karena melakukannya tidak asal membasahi beberapa anggota tubuh saja. Maka dari itu, sebaiknya pelajari dan pahami terlebih dahulu melalui fiqih. Berikut informasi singkat mengenai hal-hal pentingnya:

Rukun Wudhu

Salah satu pembahasan dalam ilmu Fiqih mengenai wudhu ialah rukunnya atau tata caranya. Harus dilakukan dengan benar serta urut atau tertib. Jika tidak tentu bisa menyebabkan status kegiatan bersucinya kurang sempurna atau bahkan belum sah.

Rukun wudhu harus diketahui dan dipelajari dengan benar syarat, cara, dan juga urutannya oleh seluruh umat muslim. Hal ini karena menjadi salah satu jalan agar diterimanya ibadah seseorang yakni melakukannya dalam keadaan suci.

Syarat Sah Wudhu

Syarat sah wudhu ialah hal-hal yang harus dipenuhi demi diterimanya cara bersuci seseorang. Pemenuhan poin-poin dalam bagian ini juga menentukan keadaan ibadah selanjutnya misal sholat dan membaca Al-Quran.

Syarat sah wudhu harus dilakukan dan dipenuhi dengan sempurna agar termasuk dalam kategori diterima. Beberapa poinnya ialah seseorang beragama Islam, berakal, tamyiz, menggunakan air suci, berniat, dan lain sebagainya.

Sunnah Wudhu

Sesuai dengan namanya, sunnah wudhu ialah hal-hal yang apabila dilakukan akan mendapatkan tambahan pahala dan tidak mengapa untuk tidak melakukannya. Hal ini tentu saja akan berbeda-beda pada tiap madzhab dimana bergantung pada pilihan masing-masing.

Beberapa contohnya ialah seperti bersiwak terlebih dahulu, mengulangi basuhan hingga tiga kali, menyela jenggot yang lebat, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut jika dilakukan tentu mendatangkan pahala dan manfaat namun bukan sebagai kewajiban.

Dalam mensucikan diri tentu memiliki peraturan-peraturan yang harus dilakukan dimana hal tersebut berpengaruh pada ibadah selanjutnya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mempelajari dengan benar sebelum mempraktekkannya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari ilmu fiqih dimana dilakukan setiap hari. Untuk info selanjutnya mengunjungi website fiqih.co.id.