Robot Canggih yang Terinspirasi dari Hewan, Seperti Apa Bentuknya? 

Robot Canggih yang Terinspirasi dari Hewan, Seperti Apa Bentuknya? 

Robot canggih yang terinspirasi dari hewan sudah lama diperkenalkan pada kancah internasional. Bahkan pertama kali sebuah robot dirakit dengan mengadopsi konsep rupa bebek yaitu pada tahun 1739 dengan fungsi sederhana yakni  pengupasan gandum.

Berbagai Robot Canggih yang Terinspirasi dari Hewan

Robot Canggih yang Terinspirasi dari Hewan, Seperti Apa Bentuknya? 

Para ahli robotik terus berkarya menghasilkan berbagai robot yang dipertontonkan pada dunia. Bagi khalayak umum, wujud hewan yang diduplikasi dalam skema robotik memiliki daya tarik tersendiri dengan sistem penggerak yang juga mengagumkan.

Berikut berbagai robot terinspirasi dari hewan

Robobees dan Naro Tartaruga

Robobees merupakan buah kecerdasan berupa robot yang berbentuk seperti tawon. Robot super mini ini diklaim sebagai robot terkecil di dunia yang beratnya hanya 120 mg. Mode pada perangkat mini ini sering disebut dengan mikrobot berkecepatan terbang 120 km per detik.

Sedangkan Naro Tartaruga adalah hasil karya ilmuwan asal Swiss dengan inspirasi bentuk dari hewan kura-kura. Robot ini dirancang dengan dasar bahan aluminium dan memiliki kemampuan berenang. Dengan kemampuan berenang itu robot ini diklaim dapat menyelam hingga kedalaman 300 kaki.

Robugtix T8x Robot Spider

Sekilas robot ini benar-benar seperti laba-laba asli dengan ukuran yang cukup besar. Robugtix T8x Robot Spider diciptakan oleh Robugtix dengan kecanggihan 26 servo motor. Adapun fungsi dari servo motor adalah membuat replika gerakan semirip mungkin dengan laba-laba asli.

Laba-laba tak bernyawa ini dibuka untuk publik dan dapat dimiliki melalui pemesanan pada perusahaan resminya. Meski demikian, terdapat beberapa peniru yang menjual produk tersebut dengan harga lebih murah, sehingga patut diwaspadai sebagai alat penipuan.

Flying Bionic Bird dan Octobot

Flying Bionic Bird adalah hasil pemikiran dan kerja keras oleh pakar robotik pada perusahaan start up di Perancis. Konsep pembentukan sistem, teknologi dan struktur material pada robot ini mengangkat inspirasi dari bentuk burung dan dikendalikan oleh remote control.

Dari para ilmuwan Harvard tercipta pula Ochobot dengan tekstur permukaan super licin mirip octopus dan mampu membuat manuver sekeren hewan aslinya. Dengan demikian meskipun menggunakan sistem robotik namun material yang dipilih begitu lunak guna menyesuaikan dengan objek aslinya.

Demikian informasi tentang yang robot canggih yang terinspirasi dari hewan. Tidak hanya membuat replika mekanisme seperti hewan aslinya para ilmuwan juga menjadikan momen ini sebagai bahan pembelajaran untuk para pecinta robotik. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://majapahit.id: