7 Makanan Khas Imlek Paling Populer

Makanan khas Imlek tentu menjadi bagian hal penting dalam perayaan tahun baru Cina. Pada saat Imlek tidak hanya seluruh anggota berkumpul saja, tetapi semua orang akan menikmati beragam menu makanan yang tersedia. Oleh karena itu hidangan makanan khas Imlek pada saat tahun baru selalu menjadi menu wajib. Sebab selain lezat rupanya berbagai menu makanan tersebut juga memiliki makna tersendiri yang berhubungan dengan doa dan harapan setiap orang untuk kehidupan di tahun yang baru. Berikut ini beberapa jenis makanan khas Imlek yang umumnya selalu tersedia.

7 Makanan Khas Imlek 2020

1. Kue Keranjang

Kue yang memiliki nama lain Nian gao ini hanya dibuat setahun sekali saja yaitu pada saat Imlek tiba. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan gula merah sehingga terasa manis. Kue ini berbentuk bulat sehingga seringkali disimbolkan sebagai persatuan. Anda bisa memakannya secara langsung atau juga bisa menaburkan gula halus putih di atasnya.

2. Ayam

Biasanya ayam yang dihidangkan saat perayaan Imlek disajikan secara utuh dan tidak ada potongan sama sekali. Anda bisa memasak resep makanan ayam menjadi hidangan menu apa saja tetapi tetap disajikan secara utuh. Keutuhan pada ayam ini disimbolkan pula sebagai keutuhan keluarga sehingga keluarga akan selalu bahagia dan tetap bersama.

3. Babi

Daging babi juga seringkali menjadi menu utama makanan khas Imlek pada saat perayaan Imlek. berbagai makanan yang dihidangkan di meja makan bisa saja merupakan hasil olahan dari daging babi. Daging babi ini bisa diolah dengan cara apa saja misalnya dengan mengolahnya menjadi masakan daging babi manis. Makan daging babi biasanya disertai dengan harapan agar selalu penuh dengan keberuntungan dan rezeki.

4. Manisan

Manisan rupanya menjadi salah satu makanan khas Imlek ringan yang selalu disajikan pada saat Imlek tiba. Anda bisa menggunakan manisan dari buah apa saja seperti misalnya manisan pala dan manisan sejenis lainnya. Biasanya makanan ini disajikan dalam suatu wadah yang berbentuk segi delapan atau tray of togetherness. Tray of togetherness yang berisi beraneka manisan ini memiliki makna dalam yang melambangkan harapan.

5. Jeruk

Buah ini menjadi buah yang akan selalu Anda jumpai pada saat Imlek. Bahkan biasanya buah jeruk yang digunakan adalah buah yang masih ada tangkai dan juga daunnya. Buah ini memang tidak pernah luput dari perhatian semua orang yang hadir dan berkumpul pada saat Imlek. Selain segar rupanya buah ini dipilih karena melambangkan rezeki yang selalu berlimpah.

6. Lapis Legit

Kue yang menjadi menu khas Imlek ini memiliki citarasa yang lezat. Maka tak heran bila kue ini banyak digemari orang. Bahkan orang mencarinya tidak hanya pada saat Imlek saja tetapi juga pada saat hari biasa. Kue ini termasuk kue mewah karena proses pembuatannya memerlukan waktu yang cukup panjang. Sesuai dengan bentuknya maka kue ini disimbolkan sebagai rezeki dan keberuntungan yang berlapis-lapis.

7. Siu Mie

Makanan ini dikenal pula sebagai makanan khas Imlek yang berkaitan dengan umur panjang. Oleh karena itu makanan ini seringkali dihidangkan pada saat Imlek. Siu Mie yang dihidangkan pada saat hari bahagia tiba melambangkan umur panjang. Dengan makan Siu Mie maka orang yang merayakan Imlek berharap agar selalu sukses dan bisa berumur panjang.